9 January 2021
Setelah rehat 3 bulan konsultasi ke SPog dan suami rutin konsumsi Oligocare, akhirnya suami mulai memiliki keinginan untuk melanjutkan konsultasi ke Sp.And karena saya bercerita bahwa ada teman yang mengalami kesulitan hamil setelah keguguran pertamanya dan di diagnosa Antibody Sperm Autoimmune (ASA). ASA ini juga merupakan satu faktor penyebab pada kejadian keguguran berulang.Kebetulan SAL terakhir suami mengindikasikan ASA positive. Jadi, kami memutuskan untuk datang ke Dr. Indra Gusti Mansur, sebelumnya kita ingin melakukan pemeriksaan di Sammarie hospital, berhubung kendala jarak, kita pilih RS Sayyidah. Biaya dokternya pun terbilang lebih murah di RS Sayyidah. Saat ini biaya konsultasi Dr. Indra di RS Sayyidah Rp350.000.
Pada saat konsul pertama kali, kami diminta untuk menjelaskan maksud konsultasi. Kami jelaskan pengalaman keguguran berulang kami. Beliau pun bertanya apa diagnosa SPog. Kamipun bingung, karena hasil test lab hormon dan beberapa penunjang data lainnya menyebutkan "Normal". Kami beritahu kecurigaan SPog, diantaranya keguguran berulang karena embrio & kromosom kurang baik, menurut Dr. Indra bisa jadi faktor dan beliau menanyakan hasil lab penunjang analisa tsb, tidak ada.
Maka dari itu, Dr. Indra tidak melihat penyebab yang jelas dari penjelasan diagnosa tersebut. Beliau berbicara ada kemungkinan ASA ini merupakan sebab keguguran berulang tersebut. Suami diberi pengantar lab untuk test: Sperma Analisa Lengkap, FSH, LH, Prolaktin, Estradiol, Testosterone, Free Testosterone, Inhibit dan Vit D3. Tambahan SGPT, SGOT dan Asam Urat, karena hasil MCU terakhir di bulan Agustus 2020 suami sempat tidak normal. Tujuannya, dokter ingin melihat hasil SAL terbaru setelah suami rutin minum Oligocare, dan butuh kualitas sperma yang baik untuk uji ASA Suami terhadap Istri.
Setelah survey harga lab, kita memutuskan untuk melakukan test pada 2 tempat, RSCM kencana dan RS Sayyidah ditaksir biaya lab Rp6.573.253. Jika melakukan test di RS Sayyidah sekitar Rp7.000.000, beda sedikit sih, tapi lumayan bisa save untuk ongkos pulang-pergi pakai go car.
Untuk penjelasan apa itu ASA dan kaitannya dengan unexplained fertility bisa di temukan pada link di bawah ini:
https://www.youtube.com/watch?v=E1VyUNAUP48
https://www.youtube.com/watch?v=0bAdtCbWLzQ
Ada kemungkinan kita akan mengambil opsi Paternal Leukocyte Immunization, ada pro dan kontra terhadap cara ini di kalangan SPog, salah satunya faktornya karena memakan waktu, biaya yang tinggi dan cara ini termasuk yang tradisional (pada kenyataannya sudah memiliki beberapa modifikasi dari Sp.And tersebut), berikut link untuk di tonton https://www.youtube.com/watch?v=ek6alPiX61M. SPog lebih menyarankan untuk Inseminasi atau IVF.
Kubu kontra terhadap terapi PLI ini di tepis fakta bahwa banyak juga wanita yang memiliki ASA yang tinggi, dapat hamil alami dan selamat tanpa terapi tersebut. Namun, sesuai keyakinan kami, segala bentuk ikhtiar yang dipilih telah disesuaikan dengan kemampuan dan komitment antar pasangan berdasarkan kejadian saat ini.
Ini hanya persiapan edukasi diri saja hanya jika sudah ada data dan diagnosa lanjutan Dr. Indra, kami sudah memiliki basic imaginary dari terapi yang beliau biasa terapkan kepada pasiennya. Cerita ini akan di lanjutkan setelah kunjungan selanjutnya, perkiraan akhir bulan January 2021.
Komentar
Posting Komentar