Langsung ke konten utama

Ikhtiar ke Spesialis Andrologi #1

9 January 2021

Setelah rehat 3 bulan konsultasi ke SPog dan suami rutin konsumsi Oligocare, akhirnya suami mulai memiliki keinginan untuk melanjutkan konsultasi ke Sp.And karena saya bercerita bahwa ada teman yang mengalami kesulitan hamil setelah keguguran pertamanya dan di diagnosa Antibody Sperm Autoimmune (ASA). ASA ini juga merupakan satu faktor penyebab pada kejadian keguguran berulang.Kebetulan SAL terakhir suami mengindikasikan ASA positive. Jadi, kami memutuskan untuk datang ke Dr. Indra Gusti Mansur, sebelumnya kita ingin melakukan pemeriksaan di Sammarie hospital, berhubung kendala jarak, kita pilih RS Sayyidah. Biaya dokternya pun terbilang lebih murah di RS Sayyidah. Saat ini biaya konsultasi Dr. Indra di RS Sayyidah Rp350.000.

Pada saat konsul pertama kali, kami diminta untuk menjelaskan maksud konsultasi. Kami jelaskan pengalaman keguguran berulang kami. Beliau pun bertanya apa diagnosa SPog. Kamipun bingung, karena hasil test lab hormon dan beberapa penunjang data lainnya menyebutkan "Normal". Kami beritahu kecurigaan SPog, diantaranya keguguran berulang karena embrio & kromosom kurang baik, menurut Dr. Indra bisa jadi faktor dan beliau menanyakan hasil lab penunjang analisa tsb, tidak ada.

Maka dari itu, Dr. Indra tidak melihat penyebab yang jelas dari penjelasan diagnosa tersebut. Beliau berbicara ada kemungkinan ASA ini merupakan sebab keguguran berulang tersebut. Suami diberi pengantar lab untuk test: Sperma Analisa Lengkap, FSH, LH, Prolaktin, Estradiol, Testosterone, Free Testosterone, Inhibit dan Vit D3. Tambahan SGPT, SGOT dan Asam Urat, karena hasil MCU terakhir di bulan Agustus 2020 suami sempat tidak normal. Tujuannya, dokter ingin melihat hasil SAL terbaru setelah suami rutin minum Oligocare, dan butuh kualitas sperma yang baik untuk uji ASA Suami terhadap Istri. 

Setelah survey harga lab, kita memutuskan untuk melakukan test pada 2 tempat, RSCM kencana dan RS Sayyidah ditaksir biaya lab Rp6.573.253. Jika melakukan test di RS Sayyidah sekitar Rp7.000.000, beda sedikit sih, tapi lumayan bisa save untuk ongkos pulang-pergi pakai go car.

Untuk penjelasan apa itu ASA dan kaitannya dengan unexplained fertility bisa di temukan pada link di bawah ini:

https://www.youtube.com/watch?v=E1VyUNAUP48 

https://www.youtube.com/watch?v=0bAdtCbWLzQ 

Ada kemungkinan kita akan mengambil opsi Paternal Leukocyte Immunization, ada pro dan kontra terhadap cara ini di kalangan SPog, salah satunya faktornya karena memakan waktu, biaya yang tinggi dan cara ini termasuk yang tradisional (pada kenyataannya sudah memiliki beberapa modifikasi dari Sp.And tersebut), berikut link untuk di tonton https://www.youtube.com/watch?v=ek6alPiX61M. SPog lebih menyarankan untuk Inseminasi atau IVF.

Kubu kontra terhadap terapi PLI ini di tepis fakta bahwa banyak juga wanita yang memiliki ASA yang tinggi, dapat hamil alami dan selamat tanpa terapi tersebut. Namun, sesuai keyakinan kami, segala bentuk ikhtiar yang dipilih telah disesuaikan dengan kemampuan dan komitment antar pasangan berdasarkan kejadian saat ini. 

Ini hanya persiapan edukasi diri saja hanya jika sudah ada data dan diagnosa lanjutan Dr. Indra, kami sudah memiliki basic imaginary dari terapi yang beliau biasa terapkan kepada pasiennya. Cerita ini akan di lanjutkan setelah kunjungan selanjutnya, perkiraan akhir bulan January 2021.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keguguran berulang #2

Hari ini jadwal periksa ke Dr. Kanadi Sumapraja Spog (K) Msc, kesan pribadi: 1. Jangan pernah dengerin mitos atau omongan orang untuk mencoba diagnosa diri sendiri 2. Minta dokter tersebut memberikan edukasi tentang penyebab keguguran berulang 3. Test darah lengkap yang pernah di rekomendasikan dokter simpan dengan rapih, karena ini sangat membantu dokter untuk analisa kasus yang sedang lo alami 4. Hasil USG riwayat kehamilan dan lab pathology tiap keguguran simpan, di bawa pada konsultasi 5. Dokternya cukup komunikatif, bikin tenang dan menerangkan analogi hasil lab sesuai kondisi kami Hari ini sebenernya banyak diskusi dan edukasi dari dokter mengenai keguguran berulang, dokter bertanya bagimana pertama mengetahui setiap kehamilan, kondisi janin termasuk yolk sac  dan heart beat pada kehamilan pertama dan kedua, kondisi persiapan kuret, di kuret dengan persiapan benar atau tidak, sangat detail dan kebetulan saat itu aku bawa buku hamil pertama dan keduaku. Jadi karena pregnancy...

Program hamil #1 Suntik PLI/ILS

Hasil evaluasi PLI 1-3 sudah release, hasil ASA-nya turun 5 tingkat dari 131.072 ke 4.096. Alhasil, kami tetap melakukan PLI ke 4-6, namun dokter sudah membolehkan kami untuk buka KB alami pada saat masa subur saja. Pas sekali sedang bertepatan masa subur dan melakukannya 1x di hari ovulasi. Karena sedang ramadhan dan memasuki 10 hari terakhir, kami tidak fokus total kesana di hari berikutnya, sudah lewat juga masa suburnya. Dokter Indra menyarankan untuk tetap PLI sampai kehamilan trimester 2 selesai, dan segera test imunitas setelah mengetahui kehamilan terjadi.  Pada saat PLI ke 5 (9 Mei 2021), Dokter Retno (Dokter yang handle selama penyuntikan PLI di RS Sayyidah) mengarahkan segera cek obsgyn setelah siklus haid selanjutnya di hari ke 12 untuk mengecek status pematangan telur agar efektif dalam pembuahan. Namun, saat pengetikan artikel ini, saya sudah telat haid 3 hari atau sudah hari ke 36 HPHT sejak bulan April, nampaknya ini kedua kali siklus haid saya tidak normal lagi. Bu...

Cerita indah mencari Allah

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ Ketika ku sebagai Hamba-Nya, yang kulihat hanya satu, yaitu bergerak ke titik yang Allah ridho.  2017 merupakan titik balik tahun ku untuk melangkah, bergerak ke titik-Nya. Mulai ku melangkahkan kaki ke salah satu Masjid di bilangan Jakarta Selatan, Jalan Cipaku dengan bekal bisikan kawan yang sudah memulai hijrahnya terlebih dahulu. Saat itu, ku masih tak tau bahwa banyak hijrah yang berujung pada pencarian jodoh. Aku hanya memikirkan, ketenangan hidup dan memperbaiki diri. Waktu itu, ku tak ada fikiran jodoh harus ku cari dengan cara yang baik. Fokusku hanya: menjadikan diriku baik, sehingga aku dapat berdamai dengan diri sendiri dan mencari tahu faktor dan solusi islami papa dan mamaku dapat bercerai. Akhirnya aku memutuskan untuk fokus dalam memperbaiki Tahsin (bacaan Quran), lalu ku lanjut dengan mengikuti kajian muslimah. Hobby ku mencatat, kabar baiknya adalah Ali bin Abi Thalib RA pernah berkata "Ikatlah ilmu dengan menulisnya". 3...