Hari ini jadwal periksa ke Dr. Kanadi Sumapraja Spog (K) Msc, kesan pribadi:
1. Jangan pernah dengerin mitos atau omongan orang untuk mencoba diagnosa diri sendiri
2. Minta dokter tersebut memberikan edukasi tentang penyebab keguguran berulang
3. Test darah lengkap yang pernah di rekomendasikan dokter simpan dengan rapih, karena ini sangat membantu dokter untuk analisa kasus yang sedang lo alami
4. Hasil USG riwayat kehamilan dan lab pathology tiap keguguran simpan, di bawa pada konsultasi
5. Dokternya cukup komunikatif, bikin tenang dan menerangkan analogi hasil lab sesuai kondisi kami
Hari ini sebenernya banyak diskusi dan edukasi dari dokter mengenai keguguran berulang, dokter bertanya bagimana pertama mengetahui setiap kehamilan, kondisi janin termasuk yolk sac dan heart beat pada kehamilan pertama dan kedua, kondisi persiapan kuret, di kuret dengan persiapan benar atau tidak, sangat detail dan kebetulan saat itu aku bawa buku hamil pertama dan keduaku. Jadi karena pregnancy loss aku selalu gak lebih dari 10 weeks, masih di klasifikasikan sebagai keguguran karena kondisi janin yang memiliki kelainan kromosom melalui seleksi alam. Dari edukasi dokter saat itu, ada 2 konsep keguguran terjadi: sisi ibu atau sisi janin.
1. Kondisi janin terhadap lingkungannya (karena plasenta janin akan terbentuk pada 10 weeks kehamilan), jadi selama kehamilan di bawah 10 weeks, janin tersebut memiliki kemampuan bertahan murni dari kualitas embrio tersebut dalam perkembangannya.
2. Kondisi ibu dalam menopang si janin tersebut, biasanya kejadian di usia kehamilan di 10 weeks keatas
Dokter juga bertanya diagnosa juga treatment apa saja dari hematolog dan memeriksa hasil lab pribadiku yang cukup lengkap. Dari sini kami paham banyak banget tuduhan yang sesat kami dengar selama kejadian keguguran berulang ini seperti kelelahan mempengaruhi kualitas sperma sepenuhnya, rahim lemah, maupun bed rest selama hamil berpengaruh banyak untuk menghindari keguguran, tidak semuanya cocok pada riwayat medis kami. Bahwasanya sperma dan sel telur adalah pemberian tuhan yang ada di dalam tubuh kita dari sejak lahir.
Alhamdulillah DNA fragmentation index suami normal, meski hasil sperma analysis nya terkesan Oligo-Asthenozoospermia. Jadi dokter hanya meresepkan suami oligocare 30 pcs dan di harapkan analisis sperma kembali setelah rutin mengkonsumsi supplement tersebut dan aku juga dapat surat pengantar untuk test LH, FSH dan Estradiol karena homework kami sekarang hanya memperbaiki kualitas sperma dan gangguan haid setelah dokter USG transV di hari ke 13 HPHT. Rencananya kami akan kembali lagi setelah sudah ada hasil test lab di atas tersebut.
Dokter pun berbicara tentang apakah kasus kami perlu inseminasi atau tidak, itu juga akan di jawab pada pemeriksaan kedua. Ada yang di garis bawahi oleh dokter saat itu ketika kami bercerita bahwa setahun kemarin kami melakukan kontrasepsi alami agar tidak hamil dulu karena mau umrah, dokter berkata itu juga tidak menjamin aman, karena proses konsepsi sperma atau sel telur itu di rancang oleh pikiran kita. Dari situ kami menyimpulkan bahwa, 2x keguguran kemarin, adalah murni karena kualitas embrio tersebut bukan faktor kondisiku atau suami.
Dokter juga menjelaskan, seleksi konsepsi oleh tubuh telah dilakukan sejak 100 hari awal sebelum kita terdeteksi hamil sampai melalui proses haid. Akupun bertanya apakah tergolong sebagai wanita yang PCOS karena memiliki AMH yang sedikit di atas normal, menurut dokter tidak, karena untuk menentukan pasien tersebut PCOS atau bukan dilihat dari 4 faktor: gangguan haid, sel telur yang melebihi jumlah normal, adanya hormon laki-laki sehingga memiliki rambut halus di bagian yang tidak wajar, AMH itu sendiri. Kasusku hanya memiliki 1 faktor, yaitu gangguan haid. Dokter juga check tiroid langsung di leherku, memastikan bahwa hasil lab singkron dengan actual condition.
Terimakasih dokter karena kami jadi cukup mengerti kondisi tubuh kami saat ini, oh iya bagi readers, dokter juga ada youtube pribadi ternyata dan sering memberikan edukasi tentang keguguran berulang, gangguan haid atau kelainan konsidi rahim Keguguran Berulang with Dr. Kanadi di simak ya, jadilah pribadi yang smart sehingga memiliki informasi yang tepat untuk tubuh sendiri dari orang yang tepat dan memiliki penanganan yang tepat. Sampai jumpa di kelanjutan Keguguran berulang #3
Sambungan dari Keguguran berulang #1
Komentar
Posting Komentar