Langsung ke konten utama

Best 2020 memory

Challenge day #3 A memory

My best memory 2020, umrah bersama suami pada 10 Februari 2020 3 hari Madinah, 4 hari Mekkah, 2 hari perjalanan, sungguh pengalaman yang sangat tak terlupakan bersama team umrah Aerohajj. Sebenernya umrah adalah perjalanan yang tiba-tiba terlintas dari dua bulan sebelum keberangkatan, bahkan kami melakukan pelunasan pada saat sebulan sebelum keberangkatan. 

Kelompok umrah kami hanya sedikit, kira-kira 20 orang sudah termasuk pembimbing, kami adalah pasangan termuda saat itu. Dan ada nenek dan kakek usia 90 tahun yang masih bugar dengan izin Allah dapat melaksanakan umrah dengan lancar tanpa bantuan alkes. Dari situ ku berfikir bahwa, pentingnya haji atau umrah pada saat usia produktif. Tak kupungkiri bahwasanya umrah adalah perjalanan ibadah yang lumayan butuh persiapan dari segala aspek.

Beruntungnya, saya sudah mempersiapkan bekal ilmu untuk ke baitullah. Belum seminggu setelah kami tiba di tanah air, Arab Saudi mendeklarasikan lockdown  dikarenakan Pandemi COVID-19 yang semakin tak terkendali di seluruh dunia ini. 

Semoga saya, suami, keluarga inti dan readers diberi kemudahan dan hidayah untuk berhaji/umrah di usia produktif. Aamiin...

Mohon maaf tidak bercerita banyak mengenai pengalaman spriritual pribadi, alhamdulillah semua dipermudah dari persiapan hingga tiba kembali di tanah air. Karena Allah sesuai prasangka hambanya, begitupun saya dalam menyikapi pelaksanaan umrah dengan ikhlas dan tawadhu karena Allah. Tidak ada hal hal yang buruk terjadi, hanya banyak nikmat serta kemudahan yang Allah berikan kepada ku. Alhamdulillah. 

Jurnal syukur hari ini: Alhamdulillah Allah selalu beri air mata kepada hambanya agar diberikan kesadaran bahwa Allah lah hanya tempat bersandar dan berharap.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keguguran berulang #2

Hari ini jadwal periksa ke Dr. Kanadi Sumapraja Spog (K) Msc, kesan pribadi: 1. Jangan pernah dengerin mitos atau omongan orang untuk mencoba diagnosa diri sendiri 2. Minta dokter tersebut memberikan edukasi tentang penyebab keguguran berulang 3. Test darah lengkap yang pernah di rekomendasikan dokter simpan dengan rapih, karena ini sangat membantu dokter untuk analisa kasus yang sedang lo alami 4. Hasil USG riwayat kehamilan dan lab pathology tiap keguguran simpan, di bawa pada konsultasi 5. Dokternya cukup komunikatif, bikin tenang dan menerangkan analogi hasil lab sesuai kondisi kami Hari ini sebenernya banyak diskusi dan edukasi dari dokter mengenai keguguran berulang, dokter bertanya bagimana pertama mengetahui setiap kehamilan, kondisi janin termasuk yolk sac  dan heart beat pada kehamilan pertama dan kedua, kondisi persiapan kuret, di kuret dengan persiapan benar atau tidak, sangat detail dan kebetulan saat itu aku bawa buku hamil pertama dan keduaku. Jadi karena pregnancy...

Program hamil #1 Suntik PLI/ILS

Hasil evaluasi PLI 1-3 sudah release, hasil ASA-nya turun 5 tingkat dari 131.072 ke 4.096. Alhasil, kami tetap melakukan PLI ke 4-6, namun dokter sudah membolehkan kami untuk buka KB alami pada saat masa subur saja. Pas sekali sedang bertepatan masa subur dan melakukannya 1x di hari ovulasi. Karena sedang ramadhan dan memasuki 10 hari terakhir, kami tidak fokus total kesana di hari berikutnya, sudah lewat juga masa suburnya. Dokter Indra menyarankan untuk tetap PLI sampai kehamilan trimester 2 selesai, dan segera test imunitas setelah mengetahui kehamilan terjadi.  Pada saat PLI ke 5 (9 Mei 2021), Dokter Retno (Dokter yang handle selama penyuntikan PLI di RS Sayyidah) mengarahkan segera cek obsgyn setelah siklus haid selanjutnya di hari ke 12 untuk mengecek status pematangan telur agar efektif dalam pembuahan. Namun, saat pengetikan artikel ini, saya sudah telat haid 3 hari atau sudah hari ke 36 HPHT sejak bulan April, nampaknya ini kedua kali siklus haid saya tidak normal lagi. Bu...

Cerita indah mencari Allah

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ Ketika ku sebagai Hamba-Nya, yang kulihat hanya satu, yaitu bergerak ke titik yang Allah ridho.  2017 merupakan titik balik tahun ku untuk melangkah, bergerak ke titik-Nya. Mulai ku melangkahkan kaki ke salah satu Masjid di bilangan Jakarta Selatan, Jalan Cipaku dengan bekal bisikan kawan yang sudah memulai hijrahnya terlebih dahulu. Saat itu, ku masih tak tau bahwa banyak hijrah yang berujung pada pencarian jodoh. Aku hanya memikirkan, ketenangan hidup dan memperbaiki diri. Waktu itu, ku tak ada fikiran jodoh harus ku cari dengan cara yang baik. Fokusku hanya: menjadikan diriku baik, sehingga aku dapat berdamai dengan diri sendiri dan mencari tahu faktor dan solusi islami papa dan mamaku dapat bercerai. Akhirnya aku memutuskan untuk fokus dalam memperbaiki Tahsin (bacaan Quran), lalu ku lanjut dengan mengikuti kajian muslimah. Hobby ku mencatat, kabar baiknya adalah Ali bin Abi Thalib RA pernah berkata "Ikatlah ilmu dengan menulisnya". 3...