Just sharing kenapa gw seneng banget pake Couchsurfing, banyak banget serunya!
2012 gw mulai travel abroad pertama kali ke Singapore, zaman masih IDR ke SGD masih 7.500. Gw dapet tiket QZ (Air asia) PP 600ribuan dan hostel semalam masih IDR 360ribuan. 2013 balik lagi pake Tiger air yang harganya ga jauh dari harga QZ di 2012. Disini gw ketemu temen Twitter gw dan dia jadi host gw di 2012. On 2013, gw balik lagi dong single trip ke Singapore dan gw stay di salah satu CSers sana, perempuan keturunan Malaysia (Islam dong). Menariknya, dia l3sbian dan ini kali pertama gw secara sadar kalau gw sedang bergaul dengan kaum itu. Tapi ya, karena gw biasa aja sama kaum tersebut dan saat itu gw pura-pura bilang sudah punya boyfriend, aman dong. Hanya semalam disana, tidur di ruang serbaguna dan dapet couch yang nyaman, semacam sofabed gitu lah. Kesan: OKAY
2014 Songkran Festivals Trip to Thailand, dapet 3 host aslinya, namun cuma 2 yang working. Pertama orang India, kedua orang Vietnam. Kapok dealing sama Indian haha, yang terfikirkan cuma get lost karna waktu itu janjian mau Songkran Festivals di Khaosan Rd. bareng dimana gw naik motor boncengan berempat dong sama travel mate gw dan si VN CSers ini, hahaha imagine di negara orang naik motor di jalan besar demi get lost dari Indian yang losers itu. Dapet pengalaman baru, kalo di Thailand jangan harap manusia nya bisa di ajak komunikasi bahasa inggris, lo harus punya back up temen orang sana demi biar ga di bodoh-bodohin orang.
VN CSers ini juga kenalnya unik, kita kenal di Indonesia, gw nge host dia jalan di Jakarta 2013, kita ketemu lagi di 2014 Thailand karena kebetulan dia working disana dan literally bisa bahasa Thai. Sampe sekarang kita masih bertemen baik di socmed.
2013 trip ke Bali, itu juga dapet CSers yang enak bangettt, anak perhotelan, trus emang tau spot-spot bagus di Bali pada tahun itu. Sama, sampe sekarang juga berkawan baik di socmed dan waktu balik ke Bali pun 2017, masih sama dia haha bedanya pakaian gw lebih tertutup aja dan lebih behavior.
2019 trip ke Jepang, dapet CSers susah banget di Tokyo, akhirnya dapet host yang klik waktu kita trip ke Hokkaido, sampe gw di pinjemin sepatu boot karena disana lagi heavy snow. God, it's best memories of the year! First long trip with my beloved husband and very kind of CSers.
2020 umrah ke KSA, awalnya susah banget yang offer kebanyakan pria, but finallly dapet CSers perempuan, unik banget, gw jadi paham dark side nya wanita wanita arab disana. Tapi mereka emang most welcome sama visitor!
Overall, akun CS gw udah verified, karena gw mengutamakan safety. Berikut di bawah ini Tips & trick versi gw dalam menentukan host baik untuk sekedar kopdar atau homestay.
1. Pastiin lo baca dengan teliti profil nya
2. Reference biasa nya bisa menjebak, lo harus cek lagi dia di socmed pribadinya, cari laman IG, FB/Twitter untuk alasan safety
3. Ber evolusi lah seketika memungkinkan, lo ga harus jadi diri lo sendiri ketika keadaan emergency, kadang get lost adalah pilihan terbaik
4. Hati-hati dengan host dari dataran India/Pakistan, gw udah 1x ngalamin dan 1x dapet testimoni salah satu CSers kalo orang-orang tersebut suka banyak lies
5. Usahain ketemu atau abis ketemu tidak dengan tangan kosong, bawa oleh-oleh dari negara asal biar host merasa ter-apresiasi
6. Kalau lo perempuan, sebisa mungkin cari host yang satu gender, ya kecuali lo dapet family host, it's ok lumayan aman untuk solo traveler
Gw masih terjalin komunikasi yang baik dengan CSers tersebut via socmed, jadi quality time berhasil membuat kita menganggap waktu bersama orang lain tersebut berharga.
Komentar
Posting Komentar