Langsung ke konten utama

Ikhtiar ke Spesialis Andrologi #2

24 January 2021

Kami menjalani semua proses yang diminta pada konsultasi sebelumnya dan melakukan konsultasi kedua dengan Dr. Indra dengan membawa hasil Sperma Analisa Lengkap, FSH, LH, Prolaktin, Estradiol, Testosterone, Free Testosterone, Inhibit, Vit D3, SGPT, SGOT dan Asam Urat. Ada perubahan pada hasil SAL setelah 3 bulan rutin konsumsi Oligocare, hasilnya normal namun masih ada catatan pada Leukocytospermia dan ASA positive. Perlu sedikit perbaikan pada FSH, LH, Testosterone, Free Testosterone, SGPT dan SGOT (perlu re-test lab, perkiraan biaya (Rp3.540.000). 

Suami di resepkan beberapa suplemen dan obat pendukung untuk membaguskan hasil di atas agar sesuai standard "sehat". Biaya suplemen dan obat sebesar Rp2.647.374 untuk menebus: Azithromycin 500mg (sejenis antibiotic) untuk 7 hari, dan sisanya Lesichol 600 1x1, Vitan 250 MG 2x1, Clovertil 1x1 untuk dikonsumsi selama 30 hari. Kami menebus Obat diluar RS Sayyidah, yaitu di Apotik Rini dan Halodoc agar mendapatkan harga yang lebih murah.

Pada konsultasi kedua, Dr. Indra memberikan edukasi bahwa sebulan ini jika saya hamil, segera lakukan antibody test pada kehamilan sebagai tindak pencegahan keguguran berulang, jika masih belum hamil juga, kami diberikan pengantar lab untuk test: Imunologis lengkap sebagai persiapan sebelum kehamilan. Titik test pada SAL, Uji ASA dengan metode HSAaT, Uji isoma, Uji Ig E Istri, Survival time test dan CRP. Perkiraan harga test sebesar: Rp2.058.000. Besar kecurigaan Dr. Indra pada ASA yang menyebabkan keguguran berulang dan unexplained fertility yang terjadi 6 bulan kebelakang pasca TTC alami. 

FYI, siklus haid saya normal berkisar 32-35 hari. Jaga diri agar tidak stress. Kalau makan dan hidup sehat, insyaAllah terjaga selama masih #dirumahaja. 

Wish us the best. Postingan ini akan dilanjutkan setelah melakukan konsultasi ketiga dengan Dr. Indra, perkiraan di awal bulan Maret 2021


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keguguran berulang #2

Hari ini jadwal periksa ke Dr. Kanadi Sumapraja Spog (K) Msc, kesan pribadi: 1. Jangan pernah dengerin mitos atau omongan orang untuk mencoba diagnosa diri sendiri 2. Minta dokter tersebut memberikan edukasi tentang penyebab keguguran berulang 3. Test darah lengkap yang pernah di rekomendasikan dokter simpan dengan rapih, karena ini sangat membantu dokter untuk analisa kasus yang sedang lo alami 4. Hasil USG riwayat kehamilan dan lab pathology tiap keguguran simpan, di bawa pada konsultasi 5. Dokternya cukup komunikatif, bikin tenang dan menerangkan analogi hasil lab sesuai kondisi kami Hari ini sebenernya banyak diskusi dan edukasi dari dokter mengenai keguguran berulang, dokter bertanya bagimana pertama mengetahui setiap kehamilan, kondisi janin termasuk yolk sac  dan heart beat pada kehamilan pertama dan kedua, kondisi persiapan kuret, di kuret dengan persiapan benar atau tidak, sangat detail dan kebetulan saat itu aku bawa buku hamil pertama dan keduaku. Jadi karena pregnancy...

Program hamil #1 Suntik PLI/ILS

Hasil evaluasi PLI 1-3 sudah release, hasil ASA-nya turun 5 tingkat dari 131.072 ke 4.096. Alhasil, kami tetap melakukan PLI ke 4-6, namun dokter sudah membolehkan kami untuk buka KB alami pada saat masa subur saja. Pas sekali sedang bertepatan masa subur dan melakukannya 1x di hari ovulasi. Karena sedang ramadhan dan memasuki 10 hari terakhir, kami tidak fokus total kesana di hari berikutnya, sudah lewat juga masa suburnya. Dokter Indra menyarankan untuk tetap PLI sampai kehamilan trimester 2 selesai, dan segera test imunitas setelah mengetahui kehamilan terjadi.  Pada saat PLI ke 5 (9 Mei 2021), Dokter Retno (Dokter yang handle selama penyuntikan PLI di RS Sayyidah) mengarahkan segera cek obsgyn setelah siklus haid selanjutnya di hari ke 12 untuk mengecek status pematangan telur agar efektif dalam pembuahan. Namun, saat pengetikan artikel ini, saya sudah telat haid 3 hari atau sudah hari ke 36 HPHT sejak bulan April, nampaknya ini kedua kali siklus haid saya tidak normal lagi. Bu...

Cerita indah mencari Allah

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ Ketika ku sebagai Hamba-Nya, yang kulihat hanya satu, yaitu bergerak ke titik yang Allah ridho.  2017 merupakan titik balik tahun ku untuk melangkah, bergerak ke titik-Nya. Mulai ku melangkahkan kaki ke salah satu Masjid di bilangan Jakarta Selatan, Jalan Cipaku dengan bekal bisikan kawan yang sudah memulai hijrahnya terlebih dahulu. Saat itu, ku masih tak tau bahwa banyak hijrah yang berujung pada pencarian jodoh. Aku hanya memikirkan, ketenangan hidup dan memperbaiki diri. Waktu itu, ku tak ada fikiran jodoh harus ku cari dengan cara yang baik. Fokusku hanya: menjadikan diriku baik, sehingga aku dapat berdamai dengan diri sendiri dan mencari tahu faktor dan solusi islami papa dan mamaku dapat bercerai. Akhirnya aku memutuskan untuk fokus dalam memperbaiki Tahsin (bacaan Quran), lalu ku lanjut dengan mengikuti kajian muslimah. Hobby ku mencatat, kabar baiknya adalah Ali bin Abi Thalib RA pernah berkata "Ikatlah ilmu dengan menulisnya". 3...